Kamis, 01 Desember 2011

SKRIPSI PAI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BAB V


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.     Kesimpulan
Berdasarkan dari pelaksanaan hasil penelitian dan pembahasan penelitian pada Bab IV dalam penelitian tindakan kelas ini, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Dalam hal perencanaan perbaikan pembelajaran secara keseluruhan pada awal siklus pertama belum begitu bagus hasilnya, dikarenakan guru belum terbiasa dalam pembuatan perencanaan perbaikan pembelajaran. Karena biasanya guru mengajar tanpa perencanaan. Untuk hasil nilai rata-rata dalam hal perencanaan perbaikan pembelajaran pada siklus 1 untuk pelajaran PAI memperoleh nilai rata-rata sebesar 3.00 sedangkan pada siklus 2 didapat nilai rata-rata 3.80.
2.      Dalam pelaksanaan perbaikan pembelajaran secara keseluruhan pada awal siklus pertama belum begitu bagus hasilnya, dikarenakan guru belum terbiasa dalam mengimplementasikan perencanaan perbaikan pembelajaran dalam bentuk pengajaran. Untuk nilai rata-rata dalam hal pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 3.20 sedangkan pada siklus 2 didapat nilai rata-rata 3.80.
Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan demonstrasi akan baik, jika perencanaan pembelajaran


dibuat sesuai dengan tahapan-tahapan demonstrasi. Dengan kata lain bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan pendekatan demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan shalat.

B.     Saran
Berdasarkan pembahasan temuan dari hasil penelitian, maka saran yang dapat peneliti sampaikan sebagai berikut :
1)      Kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar hendaknya terus ditingkatkan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, perlu dicoba memperbaiki pendekatan pembelajaran. Keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah hendaknya jangan dijadikan alasan untuk tidak mencoba pendekatan pembelajaran yang baru.
2)      Perlu dukungan dan penghargaan dari Kepala Sekolah kepada guru yang berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan merencanakan pembelajaran dengan baik dan memilih pendekatan pembelajaran yang cocok dengan materi yang akan diajarkan.
3)      Pengawasan hendaknya turut memberikan dukungan dan penghargaan terhadap prestasi guru, dan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dengan memprogramkan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran.





DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi, Metodik Khusus Pendidikan Agama, Bandung : Armico, 1985
Andayani, Dkk (2008). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas terbuka
Dahar, R.W (1996). Teori-teori belajar. Jakarta : Erlangga
Dpdikbud, (1999) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Dpdiknas, (2006). Kurikulum 2006 : Standar Kompetensi, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
_________ (2002), Model Pembelajaran, Jakarta : Depdiknas
Djalinus Syah., et.al., (1993) Kamus Serapan Bahasa Indonesia, Jakarta : Rineka Cipta
Hisyam Zaini, dkk., (2002) Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Center for Teaching Staff Development.
Ibrahim, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Press
Lie, A. (2002) Cooperatif Learning. Jakarta : Grasindo
Lukman Zain, Pembelajaran Fiqh, Jakarta : Dirjen Pendis Depag RI, 2009
Margaret E. Bell Gredler, (1991) Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rajawali pres.
M. Arifin, (1998) Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama, Jakarta : Kalam Mulia,
M. Surya dan Rohman Natawidjaja, (1986) Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan, Jakarta : Depdikbud
M. Ngalim Purwanto, (2003) Psikologi Pendidikan, Jakarta : Remaja Rosda Karya
Muhibin Syah, (1999) Psikologi Belajar, Jakarta : Logos.
_______, (2001) Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru, Bandung : Remaja Rosda Karya.
Omar, Hamalik, (1999) Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : PT. Bumi Aksara
Slameto, (1995) Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto, (193) Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta : Rineka Cipta.
Suherman, E. dan Winataputra, U.S. (1990). Petunjuk Praktis untuk melaksanakan Evaluasi Pendidikan Jakarta : Depdikbud.
Wardani, I.G.A.K. Wihardik dan Nasution N (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka
Wasty Soemanto, (1990) Psikolog Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Yusnanar E dan Nura’ini (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Serang : UPI Kampus Serang


RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : PAI
Kelas / Semester : V/II
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar Kompetensi : 8.1 Memahami praktek ibadah shalat
Kompetensi Dasar : Prektek Ibadah Shalat Fardhu
Indikator :
·        Mengucapkan bacaan shalat
·        Mempraktekkan  kaitan shalat

I.                   TUJUAN PERBAIKAN
1.      Siswa dapat mengucapkan lafal bacaan shalat
2.      Siswa dapat mempraktekkan gerakan shalat 

II.                MATERI POKOK
Praktek shalat fardu

III.             METODE / PENDEKATAN PERBAIKAN
Demonstrasi

IV.              MEDIA BELAJAR
LKS, Alat tulis, alat peraga

V.                 LANGKAH-LANGKAH PERBAIKAN
A.     Kegiatan awal (5 menit)
1.      Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2.      Menggali konsepsi awal siswa
3.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
4.      Setiap kelompok diberikan LSK tentang praktek shalat
B.     Kegiatan inti (40 Menit)
1.      Menerangkan konsep mengenai shalat yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.
2.      Setiap kelompok mendiskusikan dan mengerjakan soal LKS yang mengandung masalah kehidupan sehari-hari yaitu praktek shalat
3.      Secara bergantian siswa mempersentasikan hasil diskusi mereka ke depan kelas lengkap dengan penyelesaiannya tentang praktek shalat
4.      Kelompok lain mengomentari hasil diskusi disajikan dipandu oleh guru
5.      Semua siswa menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama
6.      Guru mengakomodasi hasil kesimpulan anak dengan perbaikan dan penambahan penjelasan sesuai dengan tata cara shalat

C.     Kegiatan akhir (25 Menit)
1.      Menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Melakukan tes pos

VI.              ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
2.      Buku dunia matematika untuk SD kelas V
Karangan : Indriastuti      Penerbit : Platinum

VII.           PENILAIAN
a.       Prosedur Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses dan akhir pembelajaran
b.      Jenis tes : untuk kerja / praktek 

      



1 komentar: