Rabu, 06 Juni 2012

MENGATASI KEGALAUAN HATI

MENGATASI KEGALAUAN HATI 

Dalam artikel kali ini, kita akan belajar tentang cara mengatasi kegalauan hati.  Kenapa membahas ini? Karena berdasarkan pengamatan di lingkungan saya sendiri, remaja yang labil saat ini sangat mudah galau. Kegalauan hati yang mereka alami kebanyakan mengakibatkan rasa malas dan tidak bersemangat.
Untuk itu, saya berikut ini adalah cara mengatasi kegalauan hati versi saya:
1. Jika Anda galau, segera ingat pada Sang Pembuat Galau
Ini adalah cara mengatasi kegalauan yang paling ampuh menurut saya. Apapun itu, semangat, sedih, galau, gembira, senang, dll. semuanya dikendalikan oleh Tuhan (Alloh SWT). Dan rumusnya adalah, jika Anda galau, maka pasti ada yang tidak beres dengan keimanan Anda.
Seseorang yang memiliki keimanan kuat dan kenal secara betul dengan Tuhannya, pasti akan selalu berpikir positif. Dia akan selalu menganggap baik apa yang diberikan Tuhan kepadanya.
Nah, untuk mengenal Tuhan secara benar tentu memerlukan ilmu. Maka, jika Anda galau dan belum bisa sepenuhnya mengenal Tuhan. Saran saya adalah datanglah ke majelis ilmu, bertobat, dengarkan MP3 tausiyah tentang Tauhid, bergaulah dengan orang-orang alim, dan selalu berdoa.
2. Jika Anda galau, sibuklah dengan hal yang positif
Seringkali seperti yang saya tulis diatas bahwa kegalauan hati itu menyebabkan rasa malas. Namun, percayalah bahwa Anda masih bisa bekerja dan beraktifitas meskipun dengan rasa malas.
Cara mengatasi kegalauan hati versi saya yang kedua ini adalah dengan terus beraktifitas. Jika Anda galau, lalu berhenti (ngambek) dan tidak beraktifitas, maka kegalauan itu justru semakin mudah menghampiri Anda.
Kadang, kepepet juga bisa jadi solusi mengatasi kegalauan hati. Saat Anda sedang dikejar deadline, entah itu tugas ataupun tanggung jawab, tentu Anda akan mengesampingkan rasa galau dan malas karena Anda tahu resikonya jika Anda tidak menyelesaikan pekerjaan tersebut.
3. Jika Anda galau, menyendiri atau bergaulah dengan orang-orang yang positif
Ada sebagian tipe orang yang saat ia menyendiri, hatinya akan semakin tenang. Namun ada pula yang sebaliknya.
Nah, jika Anda termasuk dalam orang-orang yang semakin sedih jika sendiri, maka bergaullah dengan orang-orang positif. Jika teman akrab Anda selama ini adalah orang-orang yang memiliki kecenderungan negatif, jangan datangi mereka dulu. Paksa diri Anda untuk datang ke orang-orang positif, meski Anda kurang akrab dengan mereka. Karena mereka akan siap menjadi sahabat baik untuk Anda.
Hmmm… 3 cara mengatasi kegalauan hati ini sudah cukup apa belum ya… Kalau masih kurang, atau mungkin ada yang ingin menambah, silahkan berkomentar dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar